Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Narkotika Nasional Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan inspeksi mendadak terhadap para supir pejabat di daerah itu guna menekan angka penyalahgunaan barang terlarang itu.

"Dari hasil sidak tadi semuanya dinyatakan negatif, tidak ada supir pejabat yang memakai narkoba. Jadi pembinaan yang selama ini kami lakukan cukup efektif dan semoga tujuannya tercapai yaitu lingkungan yang bebas narkoba," kata Koordinator Pemberantasan Narkoba BNN Kota Pangkalpinang, Iwanto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dengan hasil itu para pajabat dapat merasa aman mempekerjakan mereka sebagai supir karena telah terbukti bebas dari narkoba. Pihaknya akan terus melanjutkan sidak agar lingkungan pejabat di daerah itu benar-benar bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Selain melakukan sidak terhadap para supir pejabat, kami juga melakukan hal serupa terhadap PNS di Dinas Pertanian serta Dinas Kebersihan dan Kebakaran (DKK) Pangkalpinang dan hasilnya juga negatif. Ini merupakan sidak pertama yang dilakukan dalam tahun ini di lingkungan pemerintahan," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya pihaknya melakukan pembinaan dan setelah itu baru melakukan sidak untuk mengetahui hasil pembinaan yang telah dilakukan.

"Kita harus mengupayakan sebaik mungkin agar pencegahan pemakaian barang terlarang itu dapat diminimalisasi sehingga kota ini benar-benar bebas narkoba dan menjadi lingkungan yang sehat," katanya.

Menurut dia, tujuan utama dari sidak itu bukan mencari siapa yang negatif dan positif menggunakan narkoba, namun untuk melakukan pencegahan terhadap penggunaan barang haram tersebut.

"Semoga saja dengan upaya tersebut tidak ada lagi ditemukan pemakai atau pun pengedar narkoba di daerah ini karena barang itu dapat merusak generasi selanjutnya," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015