Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mendorong pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu untuk meningkatkan kualitas produknya guna menyambut pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 pada 7-9 September 2022.

"Pelaksanaan G20 menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan penghasilan pelaku UMKM dengan meningkatkan kualitas produk baik kualitas kemasan dan kualitas konten," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Seusai memimpin rapat persiapan UMKM dan ekonomi kreatif Belitung naik kelas dalam rangka persiapan pertemuan tingkat menteri pembangunan G20, ia mengatakan guna menyambut pelaksanaan pertemuan G20 maka pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Belitung harus naik kelas.

Baca juga: Wabup: Wisatawan ke Belitung bakal meningkat tanpa antigen

"Para pelaku UMKM dan destinasi tidak boleh lagi berbicara standar yang ada sekarang ini kelasnya mereka harus naik beberapa level sehingga dengan waktu yang tersisa ini persiapan harus lebih optimal," ujarnya.

Ia menilai, sejauh ini kualitas produk UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu sudah cukup baik serta cita rasanya juga enak.

"Yang kurang hanya sentuhan-sentuhan estetika seperti pengemasan, desain, daftar kandungan gizi, administrasi perizinan dan penjualan (market)," katanya.

Dikatakan dia, selain itu, keuntungan pelaku UMKM di Belitung yakni ketersediaan bahan baku yang masih cukup banyak.

"Tinggal nanti ditambah 'story telling' atau cerita karena narasi produk sekarang ini cukup penting," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022