Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mengaku optimis kebijakan pemerintah meringankan syarat tanpa tes antigen dan PCR bagi pelaku perjalanan berdampak positif dalam mempercepat pertubuhan ekonomi daerah.

"Saya cukup optimis, kemudahan syarat tanpa tes antigen dan PCR pelaku perjalanan domestik baik darat, udara, dan kapal akan mempercepat peningkatan perekonomian daerah yang selama ini terdampak penyebaran COVID-19," katanya di Sungailiat, Kamis menanggapi kebijakan pemerintah memudahkan pelaku perjalanan hanya cukup sudah mendapat vaksin dosis pertama, kedua dan vaksin lengkap.

Bupati menilai, sektor pariwisata yang terasa terdampak cukup besar selama pandemi COVID-19 karena kunjungan wisatawan menurun sangat banyak bahkan terdapat pelaku pariwisata yang memaksa menutup sementara usahanya.

Dengan kemudahan syarat perjalanan tanpa tes antigen dan PCR, meringankan biaya pelaku perjalanan atau wisatawan yang hendak berkunjung ke Bangka untuk menikmati keindahan alam atau wisata kuliner.

"Kebijakan keringanan syarat perjalanan, akan memberikan efek positif yang cukup besar bagi daerah seperti pemulihan sektor usaha masyarakat kecil dan menengah," katanya.

Menurutnya, pandemi COVID-19 juga memaksa pemerintah melakukan pergeseran anggaran untuk di fokuskan dalam penanganan sebaran COVID-19.

"Ada beberapa kegiatan pembangunan daerah yang terpaksa ditunda kegiatannya mengingat anggaran harus digeser untuk penanganan COVID-19," kata Mulkan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022