DPRD Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta perusahaan di daerah itu membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1443 Hijriah kepada karyawan dan pekerja tepat waktu.

"Kami minta perusahaan membayar THR Idul Fitri 1443 Hijriah kepada karyawan yang memang berhak menerima tepat waktu sesuai ketentuan pemerintah," kata Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor: M/1/HK.04/IV/2022 pada 6 April 2022 disebutkan pembayaran THR dilakukan paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut dia, di tengah kondisi perekonomian yang mulai pulih dan membaik setelah pandemi COVID-19 maka tidak ada alasan perusahaan menunda atau tidak membayarkan THR karyawan atau pekerja.

"Karena ini sudah menjadi kewajiban perusahaan dan ketentuannya telah atur dalam undang-undang," katanya.

Dia mendorong pemerintah daerah membuka posko pengaduan pembayaran THR Idul Fitri 1443 Hijriah bagi karyawan yang nanti merasa belum mendapatkan hak pembayaran THR sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sehingga nanti bisa melapor ke posko tersebut dan kami juga nanti melalui komisi terkait akan sama-sama mengawasi hal ini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022