Jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E pada H-2 Lebaran sebanyak 284 penumpang atau turun dari hari sebelumnya sebanyak 353 penumpang.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan Anggiat Douglas Silitonga di Tanjung Pandan, Sabtu, mengatakan terhitung H-2 Lebaran arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan menurun setelah puncak arus mudik berlangsung pada, Jumat (29/4) kemarin.

"Sesuai prediksi kami memang jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E pada hari ini menurun jika dibandingkan kemarin," katanya.

Menurut dia, puncak arus mudik di pelabuhan Tanjung Pandan telah berlangsung pada, Jumat (29/4) kemarin yakni mengangkut  sebanyak 353 pemudik dengan kapal cepat Express Bahari 3 untuk tujuan Pulau Bangka.

"Sedangkan untuk esok hari,  jumlah penumpang kami prediksi tidak akan jauh berubah seperti jumlah penumpang pada hari ini," ujarnya.

Sedangkan puncak arus balik  di Pelabuhan Tanjung Pandan diprediksi akan berlangsung pada 7 dan 8 Mei mendatang. "Karena pada tanggal tersebut merupakan hari terakhir libur dan akan kembali masuk kerja sehingga pergerakan penumpang kami perkirakan naik," katanya.

Anggiat memastikan, arus mudik di pelabuhan Tanjung Pandan selama ini berjalan lancar, aman dan terkendali. "Semuanya kami pastikan dalam keadaan lancar dan terkendali. Semua penumpang berhasil dilayani dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala PT. Sakti Inti Makmur (SIM) merupakan operator kapal cepat Express Bahari 3 E, Ivan Febrianto  mengatakan bahwa kapal terakhir berlayar melayani pemudik pada esok hari, selanjutnya libur selama dua hari guna merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kapal kembali berlayar melayani arus balik pada 4 Mei atau H+3 Idul Fitri," katanya menjelaskan.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022