Harga daging sapi segar di pasar Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, turun Rp10 ribu dari Rp160 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram.

"Harga daging sapi terpantau mengalami penurunan sebesar Rp10 ribu, dari Rp160 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, menurunnya harga daging sapi di pasar tersebut disebabkan berkurangnya permintaan daging sapi segar oleh masyarakat di daerah itu.

Ia mengatakan, menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah lalu, harga daging sapi di daerah itu sempat mengalami kenaikan dari Rp140 ribu per kilogram menjadi Rp160 ribu per kilogram.

"Bahkan ada yang menyentuh harga Rp170 per kilogram khusus untuk daging murni," ujarnya.

Namun setelah lebaran, harga daging sapi segar di daerah itu berangsur turun dan menuju normal. "Harga normal daging sapi pada hari-hari biasa yakni sebesar Rp140 ribu per kilogram," katanya.

Ia menambahkan, turunnya harga daging sapi juga diikuti oleh harga komoditi lainnya seperti ayam potong broiler dari Rp43 ribu menjadi Rp42 ribu per kilogram dan ayam afkir dari Rp60 ribu menjadi Rp50 ribu per ekor.

"Kami juga akan melakukan monitoring harga selepas libur lebaran nanti," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022