Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya membantu mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 dengan menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mendapatkan pelayanan vaksin di tengah masa pandemi.

"Kami akan terus memberikan sosialisasi, edukasi dan mengajak warga ikut vaksinasi COVID-19 hingga dosis lengkap atau dosis tiga yang dinilai efektif untuk mengendalikan jatuhnya korban di masa pandemi ini," kata Kepala Bagian Operasional Polres Bangka Barat Kompol Albert Daniel Tampubolon di Mentok, Senin.

Peningkatan kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti program vaksinasi COVID-19 sekaligus menjaga agar warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan virus.

"Perlu peran aktif masyarakat untuk mencegah penularan virus yang saat ini sudah jumlah kasus di Bangka Barat semakin sedikit," katanya.

Selain menjalankan protokol kesehatan, menurut Albert vaksinasi juga perlu dilakukan guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pada saat tertular tidak menimbulkan gejala berat atau bahkan hingga meninggal dunia.

"Kami minta masyarakat yang belum vaksin segera datang ke gerai untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi gratis dan bagi yang sudah agar bisa melengkapi vaksinasi hingga dosis tiga," katanya.

Sosialisasi dan edukasi vaksinasi dan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan dengan tatap muka langsung bersama warga, namun juga digiatkan melalui berbagai media sosial, spanduk dan baliho yang dipasang di sejumlah lokasi strategis.

Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto berpesan agar para Kepala Polsek jajaran selalu bersinergi dan bekerja sama dengan pemangku kebijakan di wilayah kerja masing-masing guna meningkatkan capaian vaksinasi.

"Mari kita bekerja dengan ikhlas dan tulus melayani masyarakat, agar penyaluran vaksinasi booster di Kabupaten Bangka Barat dapat terlaksana dengan maksimal," kata Kapolres.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, jumlah sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat sebanyak 157.934 orang, dan yang telah mendapatkan pelayanan vaksinasi dosis satu sebanyak 133.018 atau 84,22 persen, dosis dua 106.709 atau 67,57 persen dan jumlah penerima dosis tiga sebanyak 19.608 atau 12,42 persen.

Selain itu, pemerintah juga telah memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada kelompok anak usia enam hingga 11 tahun dengan jumlah sasaran 21.728. Dari kelompok usia ini yang telah menerima suntikan dosis pertama sebanyak 20.860 atau 96,01 persen dan dosis dua 17.681 atau 81,38 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022