Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan seluruh lapisan masyarakat di daerah itu menjaga zona dari sebaran virus corona setelah daerah itu dinyatakan aman dari COVID-19.

"Saya mengingatkan masyarakat bersama - sama menjaga zona aman setelah lebih kurang satu bulan wilayah Kabupaten Bangka dinyatakan nihil dari sebaran COVID-19 dan semua pasien sudah sembuh dari terinfeksi virus corona," Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan, cara efektif menjaga dan mencegah virus corona, kata dia, harus tetap mempertahankan penerapan protokol kesehatan dengan memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta mengikuti layanan vaksin bagi kelompok usia wajib vaksin.

"Memakai masker dan rutin mencuci tangan dengan sabun tidak hanya mencegah terinfeksi virus corona melainkan mencegah potensi penularan virus yang lain," katanya menjelaskan.

Menurutnya, selama dua tahun lebih sebaran virus corona di Kabupaten Bangka, dan akhirnya berhasil kembali ke zona aman, tercatat angka kumulatif kasus COVID-19 mencapai 12.055 orang, 11.656 pasien sembuh dari COVID-19 serta diketahui sebanyak 399 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Sebaran terbanyak kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka terdata di wilayah Kecamatan Sungailiat mencapai 4.943 kasus, 4.807 sembuh serta 136 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Sementara sebaran varian corona terendah di Kecamatan Bakam sebanyak 200 kasus, 191 sembuh dan sembilan pasien terinfeksi COVID-19 meninggal dunia.

Sedangkan angka capaian vaksin booster di semua kelompok usia kecuali anak usia enam sampai 11 tahun baru di Kabupaten Bangka yang tersebar di delapan kecamatan dan 62 desa baru tercapai 48.717 orang atau 19,09 persen dari sasaran target 255.161 orang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022