Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertekad meraih predikat sebagai kabupaten layak anak (KLA) 2022.

"Sekarang sudah dalam tahapan penilaian yaitu verifikasi lapangan dari tim penilai independen," kata Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Tengah Sugianto di Koba, Kamis.

Pemkab Bangka Tengah secara berturut-turut sudah meraih penghargaan KLA sejak 2019 hingga 2021 dengan predikat madya.

"Upaya percepatan KLA telah dilaksanakan mulai dari sarana prasarana ramah anak, ramah disabilitas, dan penganggaran," katanya.

Beberapa indikator yang menjadi penilaian, kata dia, sudah disiapkan sehingga merasa optimistis tahun ini kembali meraih KLA.

"Beberapa upaya percepatan dan pengembangan KLA yang sudah dilaksanakan seperti rumah sakit ramah anak, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, tempat ibadah ramah anak, pusat informasi sahabat anak, pusat kreativitas anak," katanya.

Termasuk juga, kata dia, perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat, pusat pembelajaran keluarga, desa/kelurahan layak anak, kecamatan layak anak disertai inovasi-inovasi yang terus berkembang untuk kabupaten layak anak.

"Ini tindak lanjut dari komitmen kami sehingga pada tahun ini melalui DPPKBPPPA Kabupaten Bangka Tengah yang didukung berbagai pihak, mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan beberapa sekolah, maka Bangka Tengah sudah menjadi ramah anak," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022