Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa hasil tes usap reaksi berantai polimerase (PCR) sebanyak 107 calon haji dan dua pendamping haji di daerah itu negatif COVID-19.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung Suyanto di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan dengan hasil tersebut maka 107 jamaah calon haji dan dua pendamping haji siap diberangkatkan menuju Tanah Suci.

"Alhamdulillah, dengan hasil pemeriksaan negatif COVID-19 tersebut maka para jamaah calon haji siap untuk diberangkatkan," katanya.

Menurut dia, pelepasan jamaah calon haji di daerah itu berlangsung pada Senin (27/6) besok bertempat di Masjid Agung Al- Mabrur Tanjung Pandan diawali dengan Shalat Subuh berjamaah.

Para jamaah calon haji sebelumnya telah melakukan karantina mandiri serta mengurangi interaksi atau aktivitas di luar rumah guna mencegah penularan COVID-19 menjelang keberangkatan.

"Karena Pemerintah Arab Saudi menginginkan hasil tes PCR jamaah calon haji 72 jam sebelum keberangkatan negatif COVID-19," ujarnya.

Suyanto menambahkan, jamaah calon haji dari Kabupaten Belitung akan berangkat menuju Pangkalpinang pada Senin (27/6).

Jamaah berangkat menuju Pangkalpinang dan menginap di embarkasi antara selama satu malam sebelum bertolak ke Palembang.

"Di embarkasi antara Pangkalpinang jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan kembali, penyelesaian administrasi keberangkatan, pembagian gelang, kemudian pemberian uang saku," katanya.

Kemudian pada keesokan hari, Selasa (28/6) para jamaah calon haji akan berangkat menuju Palembang.

"Setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang jamaah akan berpindah pesawat dan bertolak menuju Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airline pukul 13.40 WIB," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022