Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2022 untuk kategori Nindya.

"Ini hasil kerja keras dan sinergitas seluruh OPD, penghargaan KLA 2022 ini juga saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat sebagai indikator penting dalam penilaian atas penghargaan ini," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Daerah setempat secara berturut-turut sejak 2015 menerima penghargaan KLA, sedangkan penyerahan penghargaan serupa tahun ini kepada Bupati Algafry Rahman secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gusti Ayu Bintang Darmawati di Hotel Novotel Golf Resort and Convetion Center Kabupaten Bogor, Jumat (22/7) malam.

"KLA menjadi indikator penilaian KPPA (Kementerian PPPA) dalam menilai inisiatif pemerintah kabupaten/kota untuk lebih responsif terhadap kepentingan anak baik dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan," kata dia.

Menurut mantan Ketua DPRD Bangka Tengah itu, penghargaan KLA bagi daerah setempat menjadi berarti karena nomine dan kategori Nindya hanya diberikan kepada 66 daerah di Indonesia.

"Sebuah kebanggaan, mengingat satu-satunya kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata dia.

Menurut dia, penghargaan KLA kategori Nindya bagi daerah setempat menjadi bukti bahwa perubahan terus dilakukan secara konsisten oleh pemkab setempat terkait dengan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

"Sekaligus ini menjadi fakta bahwa di Bangka Tengah tetap konsisten dalam merealisasikan konsep kepemimpinan berkelanjutan,” ujar Bang Ayi, sapaan akrab Bupati Algafry Rahman.

Penghargaan KLA diberikan Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana. Terdapat sejumlah kategori dalam penghargaan tersebut, yaitu predikat Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022