Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kepedulian terhadap tumbuh kembang anak guna menciptakan generasi cerdas, maju dan bermartabat.

"Kami berikan apresiasi kepada seluruh pihak yang selama ini sudah bersama-sama mendukung upaya kita menjadikan daerah ini semakin layak, peduli dan menjadi tempat yang ramah terhadap anak-anak," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu.

Menurut dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menciptakan lingkungan yang ramah terhadap anak-anak, namun butuh peran serta seluruh pihak dan masyarakat sehingga hak dan perlindungan terhadap anak-anak bisa terpenuhi.

Sebagai salah satu bukti kerja sama yang baik seluruh pihak bersama pemerintah dan masyarakat, kata dia, pada tahun ini Bangka Barat berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten layak anak tingkat pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

"Ini penghargaan kedua kalinya yang berhasil diraih Bangka Barat," ujarnya.

Bupati Sukirman, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya penghargaan tersebut.

Dia menyebutkan penghargaan ini bisa diraih tentunya karena komitmen, upaya dan kerja keras semua pihak, mulai dari Forkopimda, OPD, masyarakat, dunia usaha, media, BUMN, BUMD dan lainnya.

Menurut dia, upaya mendapatkan penghargaan tersebut tidak mudah karena setiap kabupaten atau kota harus mampu memenuhi lima kriteria atau klaster yang berkaitan dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak, yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta kriteria perlindungan khusus.

Ia berharap prestasi tersebut bisa dipertahankan dan ke depan semakin ditingkatkan agar anak-anak Bangka Barat semakin baik.

"Ini merupakan motivasi kita bersama dalam melaksanakan program pemerintah terkait upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Selanjutnya sebagai bentuk nyata bahwa Bangka Barat merupakan daerah layak anak, kami mengajak seluruh komponen masyarakat ikut memperhatikan anak dan keluarga di era globalisasi dan teknologi saat ini untuk mewujudkan Anak Terlindungi, Indonesia Maju," kata Sukirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022