Kemampuan produksi karet di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mencapai 50 ton per tahun dari 20 hektare kebun karet di daerah itu.

"Sampai saat ini kemampuan produksi karet rakyat mencapai 50 ton per hektare tersebar di sejumlah wilayah kecamatan," kata Kabid Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Subhan di Sungailiat, Senin.

Dia mengakui luas kebun karet rakyat tersebut mengalami pengurangan dibanding sebelumnya karena terjadi pengalihan fungsi untuk tanaman komoditi lain yang dianggap lebih menguntungkan.

"Luas kebun karet di Kabupaten Bangka terbilang sedikit dibanding dengan luas kebun komoditi yang lain seperti kebun lada atau kelapa sawit serta area persawahan," jelasnya.

Sektor pertanian termasuk komoditi perkebunan terus digalakkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bangka sebagai upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Subhan menyarankan agar tanaman karet hendaknya dirawat dengan baik seperti pemupukan yang teratur sesuai kebutuhan agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal.

Komidi karet memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat daerah meskipun volume produksi terbilang masih rendah dibanding daerah penghasil karet seperti Palembang dan daerah lain.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022