Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung memperbaiki jalan menuju destinasi wisata di daerah itu guna mempermudah akses layanan transportasi wisatawan.

"Tahun ini ada beberapa ruas jalan pariwisata yang kami perbaiki seperti di Pantai Penyusuk Belinyu dan Pantai Rebo Sungailiat serta jalan desa penyangga pariwisata," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Sabtu.

Menurut bupati, perbaikan jalan pariwisata pantai Rebo diutamakan karena akses alternatif menuju sejumlah pantai di pesisir Timur Sungailiat yang menghubungkan langsung Kota Pangkalpinang.

"Jalan pariwisata diperbaiki karena mengalami kerusakan yang tidak begitu parah atau hanya terjadi lobang di sejumlah titik ruas jalan," jelasnya.

Penggunaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk perbaikan jalan pariwisata dan sejumlah ruas jalan desa tahun 2022 mencapai lebih kurang Rp6 miliar, tahun 2023 mendatang dari sumber anggaran dan kegiatan yang sama mencapai Rp10 miliar.

"Perbaikan jalan pariwisata dianggap cukup penting karena selain mempermudah akses wisatawan yang berkunjung juga mendukung kelancaran roda perekonomian masyarakat," ujar Mulkan.

Bupati mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk berperan membantu menjaga infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah karena anggaran yang dipergunakan juga berasal dari uang masyarakat.

Panjang pariwisata dan jalan desa yang dilakukan perbaikan berupa pengaspalan tahun 2022 mencapai puluhan kilometer.

Sementara untuk perbaikan jalan Desa Bukit Layan Kecamatan Bakam kata Mulkan dilakukan secara bertahap pada tahun 2023 karena ruas jalan yang cukup panjang dengan tingkat kerusakan yang parah.

Terjadinya kerusakan jalan Desa Bukit Layak karena diduga aktivitas kendaraan dengan volume muatan yang melampaui kapasitas beban jalan.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022