Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar seminar politik kebangsaan dan rekonsiliasi pemuda nusantara dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-87 pada 28 oktober 2015.

"Seminar politik ini merupakan arahan dan kebijakan dari gubernur untuk meningkatkan pemahaman terkait politik cerdas bagi para pemuda," kata ketua panitia pelaksana kegiatan, Masmuni di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, seminar dilaksanakan bekerja sama dengan KNPI dengan narasumber Gubernur Babel Rustam Effendi, Menpora Imam Nahrowi, Ketua Umum Jaringan Pengusahan Nasional Bayu Priawan Djokosoetono dan Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel (Inf) Murlim Mariyadi.

Menpora Iman Nahrowi saat memberikan materi mengatakan, karakter politik dan kepemimpinan pemuda mengalami penurunan namun masyarakatnya hanya diam dan pasrah dengan keadaan.

"Pemuda harus menjadi pelopor, motivator dan mediator bagi siapa saja," katanya.

Sementara Gubernur Rustam Effendi mengatakan, pemuda merupakan salah satu penggagas proklamasi Kemerdekaan RI yang dilahirkan dalam berbagai suku.

Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel (Inf) Murlim Mariyadi mengatakan, benang merah kekuatan dan keberhasilan bangsa selama ini yaitu semangat gotong royong.

"Mari kita bersatu bahu untuk membangun Babel demi kepentingan negara untuk berjuang meraih mimpi," ujarnya.

Acara itu sendiri turut dihadiri 15 perwakilan DPD KNPI dari berbagai wilayah seperti Aceh, Riau, Bengkulu, Lampung, Sumsel, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesai Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Muluku Utara.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015