Muntok, 28/10 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun lumbung pakan untuk mendorong usaha ternak masyarakat setempat.

"Tahun ini pembangunan lumbung pakan ternak yang didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) direalisasikan di Desa Tugang, Kecamatan Jebus," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Sri Basuki di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan lumbung pakan ternak yang dilengkapi peralatan modern tersebut direalisasikan untuk membantu memudahkan peternak mendapatkan pakan sapi berkualitas.

"Selain membangun tempat, kami juga menyediakan alat pengolah pakan untuk mencincang sawit berkapasitas sedang yang mampu mencukupi kebutuhan pakan sapi kelompok penerima bantuan," kata dia.

Ia mengatakan, pemberian bantuan lumbung pakan diharapkan membantu peternak dalam penyediaan pakan sapi dengan memanfaatkan cangkang kelapa sawit yang selama ini tidak termanfaatkan.

"Pada saat musim kemarau sering terjadi kelangkaan rumput pakan sapi, kami berharap adanya lumbung pakan bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan limbah sawit yang banyak terdapat di desa tersebut," katanya.

Selain lumbung pakan, kata dia, pemerintah juga menyalurkan bantuan pembangunan kandang yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas sapi milik kelompok tersebut.

Dengan adanya kandang sapi yang memenuhi standar peternakan dia berharap sapi tidak mudah sakit dan lebih cepat berkembang biak.

"Berbagai bantuan stimulan terus digelontorkan ke kelompok peternak, kami berharap perhatian dari pemerintah ini menambah motivasi masyarakat untuk menekuni usaha peternakan sehingga upaya meningkatkan populasi sapi lebih cepat terwujud," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015