Rumah Sakit Umum Daerah Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan ruang rawat inap VVIP bagi delegasi pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu.

"Kami sudah menyiapkan fasilitas ruang rawat inap VVIP bagi para delegasi G20," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung dr Hendra Sp. An di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, hal ini merupakan dukungan RSUD Marsidi Judono dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar internasional kepada para delegasi yang membutuhkan perawatan.

Dia menyebutkan, ruangan tersebut terdiri dari ruang rawat inap VVIP sebanyak satu kamar, VIP dua kamar dan ruang rawat inap kelas I sebanyak delapan kamar (16 tempat tidur).

"Ruangan memang khusus kami persiapkan bagi delegasi G20 yang membutuhkan perawatan dan sebelumnya memang tidak kami gunakan untuk umum," ujarnya.



Ia menambahkan, selain itu, dukungan lain yang disiapkan RSUD oleh Marsidi Judono Belitung adalah ruang Unit Gawat Darurat (UGD), ruang Intensif Care Unit (ICU), ruang Mini ICU di lokasi acara, ambulans advance, serta layanan Tes Polyemerase Chain Reaction (PCR).

Selanjutnya adalah menyiapkan dokter spesialis seperti spesialis anestesi, spesialis jantung, spesialis orthopedi dan spesialis bedah syaraf.

"Sehingga kalau terjadi kegawatdaruratan syaraf kami bisa lakukan operasi langsung, jika terjadi kegawatdaruratan jantung kami bisa lakukan catch lab langsung dan vaskularisasi," katanya.

Sementara itu, di lokasi wisata hopping island, pihaknya menyiapkan sarana ambulans air bagi delegasi.

"Bagi delegasi yang membutuhkan penanganan lebih lanjut perlu dirujuk maka disiapkan ambulans udara untuk evakuasi medis," katanya.


 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022