Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mengajak swasta membantu mengentaskan kemiskinan di daerah itu yang saat ini mencapai 4,81 persen dari total warga.

"Saya mengajak peran swasta dan pihak lain membantu mengentaskan kemiskinan yang saat ini mencapai angka 4,81 persen atau sekitar 15.000 warga miskin dari total penduduk 300 ribu jiwa lebih," kata Mulkan dalam keterangannya di Bangka, Jumat.

Dia mengatakan kemiskinan di daerah tersebut dipengaruhi oleh peluang kerja yang rendah sehingga pendapatan keluarga menurun.

"Swasta mempunyai peran membantu masyarakat dengan memberikan ruang pekerjaan atau menyalurkan bantuan pemberdayaan usaha rakyat," kata dia.

Mulkan mendorong warga lebih giat berkarya seperti mengelola lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan pertanian atau perkebunan seperti tanaman sayuran.

"Area lahan yang kosong bahkan di sekeliling rumah dapat ditanami berbagai jenis sayuran sehingga membantu meringankan kebutuhan keluarga," kata dia.

Dia optimis, masalah kemiskinan di Kabupaten Bangka dapat segera diatasi dengan memperkuat kerja sama atau kolaborasi antara pemerintah dan swasta serta pihak lain, begitu juga didukung semangat masyarakat untuk berusaha.

Kepala BPS Bangka Dewi Savitri mengatakan angka kemiskinan di Kabupaten Bangka tersebut terbilang rendah dibanding kota lain di Indonesia yang mencapai angka dua digit.

"Angka kemiskinan di bawah dua digit terbilang masih rendah dibanding dengan sejumlah daerah di Indonesia yang melebihi angka kemiskinan di Kabupaten Bangka," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022