Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan premi Jaminan Hari Tua (JHT) BPJAMSOSTEK secara gratis kepada 1.600 nelayan.

Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar di Manggar, Kamis, mengatakan Program JHT sudah berjalan sejak 2020 dan hingga sekarang tercatat sebanyak 1.600 nelayan yang terakomodasi dalam program tersebut.

"Pembayaran premi JHT nelayan ditanggung APBD dengan nilai nominal Rp16.800 per bulan untuk setiap nelayan," katanya.

Ia menjelaskan program JHT bagi nelayan  merupakan pengembangan dari program asuransi keselamatan dan keamanan nelayan.

"Ini semacam stimulan, dengan kata lain ini uang untuk pensiun mereka, justru itu nelayan harus lebih disiplin untuk hari tua mereka," ujarnya.

Ia memprediksi akan bertambah lagi sebanyak 300 nelayan yang terdaftar asuransi ini. Pendafatarannya setelah proses Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

Selain asuransi, Pemkab Belitung Timur juga memberikan bantuan berupa alat tangkap dan pembinaan para kelompok nelayan.

"Kami juga melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral bidang perikanan tangkap bahas beragam persoalan nelayan guna mencari langkah yang tepat dalam mengatasi persoalan yang ada," katanya.

Upaya tersebut kata dia bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan nelayan.

Diperkirakan bertambah lagi sebanyak 300 orang nelayan yang terdaftar asuransi ini. Pendafatarannya setelah proses Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 ini,”

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022