Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pemasangan ribuan titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) dengan mempertimbangkan skala prioritas kebutuhan masyarakat guna menciptakan wilayah yang aman dan lancar.

"Tercatat 1.682 titik lampu jalan yang akan kami pasang tahun ini tersebar di semua atau di delapan kecamatan dengan jumlah disesuaikan kebutuhan di masing masing wilayah tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Chairil Anwar dalam keterangan, Rabu.

Dia mengatakan, tahapan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kelengkapan material pemasangan lampu sehingga dapat terealisasi secepatnya.

"Pembiayaan kegiatan pemasangan lampu penerangan jalan umum tahun 2022 bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah mencapai total lebih dari Rp8 miliar," jelasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka, Dian Firnandy mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sudah selaras dengan Renstra Dinas Perhubungan dengan indikator pemenuhan fasilitas Perlengkapan Jalan dalam hal ini Pemasangan LPJU di wilayah Kabupaten  Bangka.

Terlaksananya kegiatan ini sebagai bukti kongkrit bahwa pemerintah daerah sangat serius merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya penerangan jalan yang berimplikasi dalam pemerataan pembangunan infrastruktur antar wilayah menuju "Bangka Terang" yang diinisiasi oleh Bupati Bangka.

"Lampu jalan diutamakan dipasang di ruas jalan Kabupaten atau di wilayah Kota Sungailiat termasuk juga daerah rawan kecelakaan blackspot dan rawan kriminal, tempat ibadah serta daerah pariwisata," jelasnya.

Bupati Bangka mengatakan, program pemasangan lampu jalan umum akan dilanjutkan tahun 2023 mendatang dengan alokasi dana disiapkan sebesar Rp5 miliar.

"Rendahnya anggaran pemasangan lampu jalan umum tahun 2023 mendatang karena keterbatasan APBD Kabupaten Bangka mengingat masih terdapat sejumlah infrastruktur yang perlu dilakukan perbaikan serta pembangunan fasilitas penting lainnya," jelas Bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022