Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menawarkan konsep berwisata sambil berolahraga (sport tourism) bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah itu.

"Kami menawarkan konsep berwisata sambil berolahraga karena memang banyak dikejar oleh wisatawan saat ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Annyta di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, Belitung terus mengembangkan wisata olahraga seperti triathlon, golf dan bersepeda karena diyakini mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah banyak.

Annyta menilai kondisi keindahan alam yang dimiliki oleh Belitung sangat mendukung guna dikembangkan menjadi destinasi sport tourism di Indonesia.

Dia mencontohkan, di Belitung para wisatawan bisa bersepeda dengan aman, nyaman dan tenang karena kondisi jalan masih lengang berbeda dengan di kota besar lainnya seperti Jakarta.

"Kami juga menawarkan kepada wisatawan untuk bisa enak bermain golf dengan pemandangan batu granit yang luar biasa cantik," ujarnya.

Lebih lanjut, Annyta menjelaskan, selama di Belitung wisatawan juga dapat berwisata sambil tetap menjaga kebugaran tubuh. Sebagian besar destinasi wisata di Belitung merupakan alam terbuka (outdoor) degan sinar matahari penuh.

"Sehingga wisatawan bisa leluasa bermandikan matahari, dengan sinar matahari terik tentu saja kuman atau virus apapun akan mati, belum lagi wisatawan ini akan berenang di laut selama berjam-jam tentu saja akan sangat sehat," katanya.

Dinas Pariwisata Belitung akan terus menggencarkan promosi pariwisata Belitung baik di pasar domestik maupun internasional.

"Ke depannya kami akan membikin promosi-promosi pariwisata Belitung di luar negeri," ujarnya.

Dirinya optimistis pariwisata Belitung akan bangkit kembali dan lebih baik di tahun depan terutama setelah pandemi COVID-19 terus melandai.

"Kami tetap optimis untuk itu, saat ini terus membenahi geosite-geosite dan destinasi wisata di Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022