Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Boy Yandra mendorong pelajar di daerah itu mampu menggunakan internet sehat.

"Saya mendorong pelajar agar mampu menggunakan internet sehat sebagai media sosial belajar selain fasilitas komunikasi, hiburan dan kegiatan positif yang lain," kata Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Information and Communication Technology (ICT) atau teknologi sistem informasi berkembang cukup pesat, kata Boy Yandra cukup membantu bagi pelajar mendapatkan akses literasi pendidikan dari berbagai layanan platform yang disediakan provider.

"Penggunaan internet atau media sosial sehat harus dilakukan sejak dini dengan melibatkan peran aktif orang tua di rumah," jelas dia.

Guru di sekolah dan orang tua di rumah harus sepakat mengawasi penggunaan internet di kalangan pelajar supaya dalam penggunaan benar-benar sesuai peruntukan.

Boy Yandra memberikan solusi penggunaan internet sehat bagi pelajar atau remaja yakni mulai dari mewaspadai virus Malware biasanya digunakan oleh cybercriminal (penjahat dunia maya) untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan merusak perangkat, virus Adware, Spyware dan virus lain yang dapat merusak data.

"Jangan mudah mengunduh layanan aplikasi yang ditawarkan sebelum membaca dengan jelas petunjuk dan manfaat penggunaan," kata dia.

Ia menyarankan untuk membatasi data pribadi saat menggunakan layanan internet seperti jangan memberikan informasi data pribadi ke pihak lain yang tidak ada kepentingan untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan dari pihak lain.

"Hal lain yang perlu diingat, jangan sekali kali memposting foto maupun narasi dalam bentuk apapun yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain," ujar Boy Yandra.

Terutama bagi pengguna media sosial pemula, Boy Yandra menyarankan untuk tidak merespon email dari pengirim yang tidak dikenal, jangan mudah menerima tawaran pertemanan orang lain yang belum dikenali, hindari followers, likes yang tidak memberikan manfaat.

Penggunaan media sosial saat ini menjadi tren di semua kalangan hendaknya dapat digunakan sebagai sarana pemersatu antar masyarakat dari semua golongan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022