Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Tim Penggerak PKK setempat mendorong tumbuh kembang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Bersama TP PKK kabupaten selama ini kita terus bergerak bersama-sama agar semakin banyak pelaku UMKM yang berkembang, sekaligus menyemangati tumbuhnya pelaku usaha baru," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Aidi di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, berbagai pola kerja sama telah dilakukan untuk mewujudkan keinginan bersama tersebut, salah satunya dengan memperbanyak pelatihan yang menyasar kepada para ibu rumah tangga.

"Bersama TP PKK kita juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menggelar pelatihan, seperti yang dilaksanakan baru-baru ini yang mencakup peserta dari enam kecamatan," ujarnya.

Pelatihan keterampilan yang diikuti 60 peserta tersebut diisi dengan materi membuat berbagai jenis makanan berbahan baku tepung produk PT Bogasari.

"Kegiatan selama tiga hari ini tidak menggunakan APBD karena difasilitasi PT Bogasari dan Bank Sumsel Babel Cabang Mentok," ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga lokasi berbeda, yaitu di Mentok untuk peserta dari Kecamatan Mentok dan Simpangteritip, dilanjutkan di Jebus untuk peserta dari Kecamatan Jebus dan Parittiga, dan hari terakhir di Kelapa untuk peserta dari Kecamatan Kelapa dan Tempilang.

"Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan motivasi kepada para peserta agar semakin kreatif dan inovatif dalam pengembangan produk makanan berbahan dasar tepung terigu," katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Barat Rosmala Dewi Sukirman mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian masyarakat dan daerah sehingga perlu terus dikembangkan agar semakin maju dan berkembang.

"Kami ingin para pelaku UMKM yang sudah ada semakin kreatif dan inovatif sehingga memiliki daya saing dan semakin berkembang yang tentunya akan memberikan peran nyata dalam memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat," kata Rosmala.

Selain itu, dengan adanya UMKM yang semakin tumbuh dan berkembang diharapkan ke depan sektor itu bisa menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Bangka Barat saat ini sudah semakin membaik, mudah-mudahan dengan berbagai kegiatan yang kita laksanakan akan semakin membantu, bermanfaat dan memotivasi masyarakat untuk terus menggeluti usaha kerakyatan ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022