Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memperoleh penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Dirjen Pembinaan Desa atas keberhasilan mengembangkan inovasi serabut kelapa oleh Kelurahan Jelitik.

"Penghargaan itu karena inovasi serabut kelapa dinilai memberikan dampak ekonomi," kata Bupati Bangka Mulkan melalui keterangan resmi, Kamis.

Selama satu tahun kata Bupati, pemerintah Kabupaten Bangka dua mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dari hasil inovasi Kelurahan Jelitik yakni, penggunaan sistem aplikasi digitalisasi kelurahan dengan inovasi pemanfaatan serabut kelapa menjadi souvenir bernilai tinggi.

Kemudian penghargaan yang diberikan kepada bupati sebagai pembina kelurahan terbaik ke lima tingkat nasional.
 
Pemkab Bangka raih penghargaan inovasi serabut kelapa. (ANTARA/ HO)

"Saya memberikan apresiasi besar kepala Kelurahan Jelitik yang sukses membangun kolaborasi dengan pihak kecamatan,  Babinsa, Babinkamtibmas serta pihak lain yang mengantarkan Kelurahan Jelitik mengharumkan nama Kabupaten Bangka ketingkat provinsi dan di tingkat nasional," jelasnya.

Mulkan berharap, prestasi yang raih kelurahan Jelitik  dapat menjadi menjadi contoh bagi kelurahan lain agar lebih memacu diri dan berikutnya dapat mengikuti ajang yang sama di tingkat nasional.
 
Pemkab Bangka raih penghargaan inovasi serabut kelapa. (ANTARA/ HO)

Penghargaan ini merupakan prestasi tertinggi Kabupaten Bangka selama tahun 2022. Sejak pandemi COVID-19 dan baru dihelat kembali, tercatat beberapa kali Pemkab Bangka sebagai nominasi meskipun belum berhasil mendapatkan juara pertama. 

Sebagai hadiah telah berhasil mendapatkan juara pertama, mendapatkan sebuah motor untuk mendukung aktivitas Keluruhan Jelitik.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022