Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 225 kelompok lanjut usia di daerah itu sudah mendapat layanan vaksin penguat dosis dua.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti di Sungailiat, Minggu mengatakan sampai dengan Sabtu (17/12) capaian sementara layanan vaksin penguat dosis dua bagi kelompok lanjut usia sebanyak 255 orang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan.

"Realisasi tersebut sebesar 0,98 persen dari total target sasaran yang ditetapkan sebanyak 22.988 orang," jelas dia.

Sedangkan untuk vaksin penguat dosis pertama kelompok yang sama, kata dia, sebanyak 5.542 orang atau 24, persen. Jumlah penerima vaksin penguat dosis pertama dan kedua kelompok lanjut usia dipastikan akan bertambah meskipun tidak signifikan karena setiap hari di buka gerai layanan vaksinasi.

"Vaksin penguat dosis dua diberikan kepada orang lanjut usia setelah enam bulan dari pemberian vaksin penguat dosis pertama," ujarnya.

Then Suyanti mengatakan, pemberian vaksin penguat dosis kedua sampai saat ini baru menyasar pada kelompok tenaga kesehatan dan orang lanjut usia dengan akumulasi capaian sebesar 6,31 persen atau 1.473 orang masing - masing 1.248 orang tenaga kesehatan dan 225 orang lanjut usia.

Dia memastikan, ketersediaan vaksin COVID-19 masih mencukupi sampai akhir tahun 2022, dan diminta seluruh masyarakat kelompok usia wajib vaksin yang belum mendapat suntik vaksin di semua tahapan dosis agar segera mendaftar di gerai vaksin terdekat yang di buka setiap hari kerja.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022