Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberdayakan para mahasiswa asal Babel yang tersebar di berbagai daerah untuk menjadi agen promosi dan penjualan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

"Langkah ini sebagai salah satu upaya kita untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM lokal sekaligus memupuk semangat kewirausahaan bagi generasi muda di daerah ini," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Bong Ming Ming mengatakan, selama ini pelaku UMKM di daerah itu masih mengandalkan pola pemasaran tradisional dan belum banyak yang menyentuh pemasaran dalam jaringan sehingga perkembangan usaha masih kurang.

Padahal, kata dia, banyak produk UMKM lokal yang memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan produk sejenis dari daerah lain, terutama produk kuliner. "Maka dari itu ke depan, kita akan memaksimalkan peran serta para mahasiswa dan mahasiswi yang ada di luar Bangka Barat dan sekitarnya," ujar Bong Ming Ming.

Dengan menerapkan pola pemasaran dan promosi melalui para mahasiswa yang tersebar di luar Bangka Barat diharapkan akan terjalin hubungan baik dan saling menguntungkan sehingga pelaku usaha lokal semakin berkembang.

Selain menerapkan pola tersebut, Bong Ming Ming mengutarakan harapannya agar Pemprov Babel juga mendukung berbagai upaya yang dilakukan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dengan lebih berkontribusi dalam mendorong pemberdayaan pelaku UMKM di kabupaten melalui kerja sama dan sinergi.

Dirinya meyakini para pelaku usaha mikro bisa menaikkan investasi dan berkontribusi dalam membuka lapangan kerja dalam bidang UMKM yang ada di Bangka Barat.

"Kami akan terus berupaya agar pelaku UMKM di Bangka Barat bisa naik kelas, kemarin kita juga melakukan kegiatan bersama anggota DPR RI Zuristyo Firmadata dengan menggelar sosialisasi holding BUMN kepada 106 pelaku UMKM di Mentok," kata Bong Ming Ming.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022