Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyampaikan informasi perkembangan cuaca terkini secara rutin kepada nelayan guna mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja saat melaut.

"Saat ini masih sering terjadi perubahan cuaca secara mendadak disertai angin kencang, kami harapkan pola komunikasi yang baik dan lancar dalam menyampaikan perkembangan cuaca terkini kepada nelayan bisa membantu mereka terhindar dari kecelakaan kerja," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Sugianto di Mentok, Rabu.

Untuk memudahkan dalam menyampaikan informasi secara cepat kepada para nelayan, saat ini para personel Satpolair Polres Bangka Barat memanfaatkan jaringan Radio Pantai Mentok.

"Melalui pola ini, berbagai informasi dan imbauan yang kami lakukan bisa dengan cepat dan mudah diterima para nelayan," ujarnya.

Selain menyampaikan informasi cuaca terkini, kata dia, melalui radio pantai tersebut juga disampaikan berbagai imbauan, antara lain para nelayan selalu membawa alat keselamatan saat pergi ke laut, mengajak nelayan dan warga pesisir tertib serta mematuhi peraturan dengan melengkapi dokumen atau surat-surat kapal atau perahu yang digunakan.

"Kami juga menyampaikan agar para nelayan dan warga pesisir menghindari penyalahgunaan dan mencegah peredaran narkoba maupun minuman beralkohol," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi mengimbau masyarakat, terutama yang berada di wilayah pesisir, untuk meningkatkan kewaspadaan karena cuaca saat ini dan dalam beberapa hari ke depan masih cukup ekstrem.

"Kami imbau para nelayan untuk berhati-hati dan menunda melaut jika cuaca tidak baik, pantau perkembangan cuaca yang diterbitkan BMKG, pantau informasi dari instansi terkait dan selalu utamakan keselamatan diri," kata Nursyandi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023