Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan layanan khitanan atau sunat massal bagi 20 anak kurang mampu di daerah itu secara gratis.

Ketua Baznas Kabupaten Bangka M Nasir Hasan di Sungailiat, Rabu mengatakan layanan khitanan massal bagi 20 anak dari keluarga kurang mampu merupakan sosial memperingati HUT Baznas ke-22.

"Layanan sunatan massal menjadi agenda sosial rutin selain juga menyalurkan santunan bagi fakir miskin yang menjadi program prioritas Baznas," katanya.

Pada 2022, kata dia, Baznas Bangka berhasil menyalurkan bantuan bagi 4.000 paket uang tunai yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan.

Semua kegiatan sosial yang berhasil disalurkan ke masyarakat bersumber dana zakat yang dihimpun dari aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bangka.

"Tahun ini, kami membangun tiga unit rumah layak huni di Desa Neknang, Pugul dan di Desa Jada Bahrin, program ini tetap akan dilanjutkan setiap tahun dengan menyesuaikan dana yang tersedia," katanya.

Baca juga: Baznas Kabupaten Bangka himpun zakat mencapai Rp2,4 miliar

Program sosial bidang kesehatan kata dia, akan melanjutkan program sanitasi atau pembangunan jamban bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

"Tahun 2022, sebanyak 63 unit jamban berhasil dibangun dan dilanjutkan tahun 2023 dengan harapan jumlah yang dibangun dapat bertambah," jelas M Nasir Hasan.

Bupati Bangka Mulkan mengapresiasi kegiatan Baznas dalam rangka membantu pemerintah menangani persoalan kemiskinan.

"Saya memberikan apresiasi besar program Baznas baik yang direncanakan maupun yang sudah terlaksana, karena dalam menangani kemiskinan harus dilakukan bersama-sama," katanya..
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023