Muntok (Antara Babel) - Dinas Kehutanan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung upaya perluasan lahan sawah di daerah itu untuk meningkatkan ketahanan pangan.

"Kami mendukung upaya meningkatkan ketahanan pangan daerah, namun perluasan sawah yang sedang digencarkan jangan sampai menyalahi aturan yang berlaku, terutama rencana lokasi lahan yang masuk dalam kawasan hutan," kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Bangka Barat Megawati di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan selama ini isu yang berkembang seolah-olah Dinas Kehutanan setempat tidak responsif dan menghalangi upaya perluasan lahan sawah untuk kepentingan peningkatan ketahanan pangan daerah.

"Kami tidak akan menghalangi masyarakat yang akan melakukan perluasan sawah, namun rencana lokasi lahan yang yang masuk dalam kawasan kami harapkan kelompok dan dinas terkait untuk mengurus perizinan dahulu sebelum menggarap lahan tersebut," kata dia.

Menurut dia, masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang masuk dalam kawasan hutan, namun regulasi harus didahulukan sebelum penggarapan.

Kepala Bidang Planologi Kehutanan Dishut Kabupaten Bangka Barat, Idwin mengatakan pemerintah tidak akan menghalangi masyarakat yang akan memanfaatkan kawasan hutan untuk perluasan lahan sawah maupun sektor lain.

Menurut dia, peluang terbesar yang bisa dilakukan masyarakat dalam pemanfaatan kawasan hutan adalah pinjam pakai karena pola tersebut tidak akan mengurangi luas kawasan dan lebih mudah dalam mengurus perizinannya.

"Yang penting warga atau kelompok dan dinas terkait mengurus terlebih dahulu izinnya sesuai aturan yang berlaku dan kami siap membantu, kalau sudah "clear and clean" dan izinnya sudah dikeluarkan baru dikerjakan," kata dia. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016