Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya pencegahan terjadinya konflik selama pelaksanaan proses dan tahapan Pemilu 2024.

"Kami berharap seluruh warga bisa menjaga ketertiban agar pemilu berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berintegritas sehingga kita bisa mendapatkan pemimpin dan wakil-wakil rakyat terbaik untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama, kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Barat Safrizal di Mentok, Sabtu.

Hal ini dikatakan Safrizal menyikapi diterbitkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penambahan Daerah Pemilihan dan Alokasi Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024.

Baca juga: Kesbangpol Babel imbau ASN netral hadapi pemilu 2024

Berdasarkan aturan itu, pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat terjadi penambahan lima kursi dari 25 menjadi 30 dan penambahan daerah pemilihan (dapil) dari tiga menjadi empat pada Pemilu 2024.

Pemisahan Dapil 1 (Mentok-Simpangteritip) menjadi dua dapil diharapkan membawa kemajuan dan percepatan pembangunan di Kecamatan Simpangteritip.

"Kami minta pengurus partai politik, simpatisan, para calon peserta pemilu bersikap dewasa dan bijaksana menyikapi pemisahan dapil ini sehingga tidak perlu berurusan dengan hukum," katanya.

Pemisahan dapil tersebut merupakan langkah terbaik dan tidak perlu disikapi berlebih yang bisa menimbulkan konflik.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat ajak masyarakat manfaatkan aplikasi pengawasan

"Pisah dapil bukan berarti pisah persaudaraan, pisah bertetangga, pisah pertemanan. Mari semua saling mendukung, menyikapi keputusan ini dengan dewasa dan sama-sama legowo dan tidak perlu euforia," kata Safrizal.

Dengan menerima keputusan secara legowo, dewasa dan bijaksana diharapkan tidak akan menimbulkan konflik horisontal, namun memunculkan sikap saling mendukung dan berkompetisi secara jujur dan adil.

Pemisahan dapil diharapkan mampu mempercepat pembangunan dan kemandirian bagi masyarakat di Kecamatan Simpangteritip yang akan memiliki lima orang wakil di DPRD Kabupaten Bangka Barat.

"Pembentukan dapil baru pada Pemilu 2024 ini kami yakini akan lebih menyejahterakan masyarakat," katanya.

Baca juga: Harapan baru dari penambahan dapil Pemilu 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023