Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 di daerah ini.

"Pelaksanaan coklit data pemilih dimulai sejak 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023," kata Ketua KPU Belitung Timur Rizal di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan sesuai Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2024 ada sekitar 95.876 pemilih di Kabupaten Belitung Timur yang akan menjadi sasaran petugas coklit.

"Kalau secara teknis tidak ada yang berbeda dari coklit sebelumnya, kita sudah menginstruksikan kepada pantarlih untuk mendatangi setiap rumah warga sehingga tidak ada pemilih yang terlewatkan," katanya.

Warga atau pemilih yang sudah terdata serta selesai dicoklit akan diberikan bukti daftar tanda terima sudah terdaftar sebagai pemilih dan pantarlih menempelkan stiker di rumah warga yang sudah dicoklit.

"Setelah pelaksanaan coklit selesai, nanti akan keluar data pemilih sementara. Untuk warga yang namanya tidak ada di data tersebut dapat menghubungi panitia pemungutan suara (PPS)," ujarnya.

Tahapan coklit, menurut Rizal, sudah disosialisasikan sebelumnya, bahkan pihaknya sudah meminta tokoh masyarakat untuk ikut menyosialisasikan dan menyukseskan coklit.

"Kita sudah menyosialisasikan tahapan coklit, bahkan secara simbolis sudah mendatangi tokoh-tokoh masyarakat dengan harapan tokoh masyarakat bisa memberikan informasi yang benar terkait coklit," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023