Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pangkalpinang menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas quick respon jajaran Lapas Perempuan dalam implementasi Instruksi Presiden No 2/2020.

Dalam rilis yang diterima Antara Babel, Selasa, menyebutkan penghargaan ini merupakan apresiasi pencanangan Lapas Perempuan bersih dari Narkoba dan Pembentukan Satgas Anti Narkoba ii diberikan oleh Kepala BNN Babel Brigjen.Pol. M.Z Muttaqien kepada Kalapas Perempuan Pangkal Pinang Hani Anggraeni  Senin (27/2)

Muttaqien menyampaikan pada 2022 ada 682 orang yang sudah direhabilitasi dan tahun ini sebanyak 38 orang sudah direhabilitasi. “Negara hadir bukan hanya untuk mempidana, namun negara juga hadir untuk rehabilitasi penyalahguna narkoba ,” ujar Muttaqien.

Baca juga: Lapas Perempuan Kota Pangkalpinang latih keterampilan 40 WBP

Ia juga menyampaikan bahwa upaya pencegahan dan pemberantasan juga terus dilakukan di semua lini oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

Di Provinsi Bangka Belitung sendiri, jenis Narkotika yang paling banyak disalahgunakan adalah jenis sabu, kemudian  ekstasi, dan ketiga adalah jenis ganja.

Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto berterima kasih kepada jajaran BNN Babel yang telah hadir meresmikan Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Perempuan Pangkalpinang.

Harun juga mengatakan bahwa tugas pemasyarakatan adalah bagaimana membuat WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) menyadari kesalahan, bisa memperbaiki diri, tidak melanggar hukum kembali, sehingga menjadi insan yang berguna bagi masyarakat.

Baca juga: Lapas Narkotika Pangkalpinang rehabilitasi 180 narapidana

“Sebagai bentuk pencegahan penyalahgunaan Narkotika di dalam Lapas, maka dilakukan dengan pembentukan Satgas Lapas  Bersinar,” ucap Harun.

Kakanwil Harun juga minta kepada para petugas Lapas Perempuan Pangkalpinang agar lakukan penggeledahan secara rutin, baik internal maupun bersama Aparat penegak hukum .lakukan deteksi dini untuk cegah masuknya HP dan barang terlarang lainnya  dan terus berantas peredaran gelap narkotika di dalam lapas .  

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Kota Pangkalpinang Noer Wisnanto,  Kepala Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang Hani Anggraeni, kabid pembinaan Divisi Pemasyarakatan Rida Ashari , serta para petugas Lapas Perempuan Pangkal Pinang.

Baca juga: Kakanwil Harun Sulianto Hadiri Pembukaan Rehabilitasi WBP Narkoba di Lapas Narkotika Pangkalpinang

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023