Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh sekolah mengaktifkan kembali kegiatan Palang Merah Remaja untuk membangun sikap peduli terhadap sesama kepada generasi muda.

"Kepedulian terhadap sesama perlu dibentuk sejak dini, sikap tersebut bisa dimulai dari keluarga dan sekolah mendukung dengan kegiatan positif, salah satunya melalui kegiatan Palang Merah Remaja," kata Ketua PMI Kabupaten Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Menurut dia, sikap saling peduli kepada sesama manusia yang akan terus dilakukan sebagai salah satu tugas PMI ini salah satunya dengan menggiatkan donor darah.

Sampai sejauh ini, kata dia, di Kabupaten Bangka Barat ketersediaan darah untuk kebutuhan transfusi kepada pasien darurat masih kekurangan.

"Selain itu, kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu berbagai tugas PMI agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," katanya.

Salah satu program yang akan dijalankan PMI Bangka Barat yaitu mengintervensi organisasi, komunitas dan kelompok masyarakat lainnya agar bersama-sama membantu tugas PMI.

"Donor darah masih menjadi permasalahan yang kita hadapi selama ini, untuk itu kami ingin membangun komunikasi dan memberikan motivasi kepada kelompok masyarakat, organisasi dan komunitas agar bergerak bersama dalam memberikan donor darah yang membutuhkan," katanya.

Menurut dia, kehadiran PMI sangat dibutuhkan semua orang, terutama pasien dan keluarga pasien pada saat situasi kritis.

Selain itu, PMI juga memiliki tugas kemanusiaan lain, seperti pada saat terjadi bencana, pengamanan arus mudik dan situasi darurat lain yang membutuhkan kehadiran para anggota PMI.

Untuk itu, PMI akan terus melakukan perbaikan kualitas sumber daya manusia agar semakin kuat, terlatih dan terdidik agar semakin terampil dalam memberikan pertolongan sesama manusia.

"Kami juga telah melakukan kerja sama dengan Basarnas, BPBD dan instansi terkait lainnya untuk membangun kesiapsiagaan petugas melakukan kegiatan kemanusiaan pada saat dibutuhkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023