Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggalakkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Selawang Segantang.

"Program KUR Selawang Segantang ini merupakan inovasi terbaru kami dalam memberikan kemudahan dan keringanan kepada pelaku UMKM dalam mendapatkan modal usaha," kata Kepala Disperindagkop Bangka Tengah Ali Imron di Koba, Babel, Kamis.

Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan lembaga perbankan di antaranya Bank Syariah Bangka Belitung dalam merealisasikan program KUR Selawang Segantang tersebut.

"Realisasi dari program ini adalah para pelaku usaha yang meminjam uang di bank untuk modal, cukup membayar pokoknya saja, sedangkan bunganya ditanggung atau disubsidi oleh pemerintah daerah," katanya.

Namun demikian, kata Ali, tidak semua pelaku usaha yang bisa mendapatkan bantuan modal melalui program tersebut, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

"Ada persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelaku usaha di antaranya adalah usaha yang digeluti sudah berjalan minimal satu tahun dan memiliki nomor induk berusaha (NIB)," jelas Ali.

Ia mengatakan program KUR Selawang Segantang sudah disosialisasikan kepada para pelaku UMKM agar mereka lebih paham dan bisa mengikuti persyaratan yang ada.

"Cara mendaftar pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan modal dari program KUR Selawang Segantang, cukup dengan menyiapkan NIB, jenis usaha dan alamat lengkap tempat usaha mereka," katanya.

Program KUR Selawang Segantang diluncurkan dalam rangka menjawab banyak keluhan para pelaku usaha yang sulit berkembang karena terkendala dengan modal.

"Maka, pemerintah daerah memberikan kemudahan, mereka bisa meminjam modal di bank dan cukup membayar pokok tanpa bunga dengan jumlah pinjaman hingga ratusan juta rupiah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023