Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta para nelayan melengkapi diri dengan alat keselamatan saat melakukan aktivitas di laut.

"Hingga beberapa hari ke depan masih ada kemungkinan terjadi cuaca buruk yang datang sewaktu-waktu, akan lebih baik jika seluruh warga pesisir waspada dan bagi para nelayan kami ingatkan untuk selalu memantau prakiraan cuaca dan informasi yang diberikan petugas guna menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Sabtu.

Ia mengimbau agar para nelayan selalu berhati-hati dan melengkapi diri dengan berbagai alat keselamatan, alat komunikasi dan tidak berangkat melaut sendiri.

Menurut dia, kewaspadaan terhadap berbagai bahaya yang bisa terjadi setiap saat pada saat melaut perlu ditingkatkan, mengingat kondisi cuaca belakangan ini kerap berubah-ubah dan berpotensi membahayakan keselamatan.

Ia mengingatkan agar para nelayan tidak terlalu memaksakan diri melaut pada saat cuaca sedang buruk, namun jika sudah terlanjur berada di laut dan terjadi cuaca buruk, maka perlu segera mencari tempat yang aman untuk berteduh.

"Bisa bersandar di pulau-pulau yang ada di sekitar," ujarnya.

Selain itu barang penting yang perlu dibawa nelayan saat melaut, seperti kelengkapan keselamatan, life jacket, pelampung, GPS, alat radio komunikasi, bahan bakar cadangan, dan lainnya.

Ia meminta nelayan untuk selalu menyiapkan perlengkapan keselamatan, selalu berkoordinasi dan mencari informasi mengenai cuaca, serta tidak memaksakan diri melaut sendiri.

"Pada musim seperti ini, jika akan melaut lebih baik berangkat bersama-sama agar bisa saling memperhatikan, saling bantu saat di tengah laut. Namun akan lebih baik jika tidak terlalu memaksakan diri dan mengutamakan keselamatan karena ada keluarga yang menunggu di rumah," kata Sugiyanto.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023