Komando Resor Militer (Korem) 045/Garuda Jaya Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, membuka akses jalan penghubung antardesa sepanjang 10,24 kilo meter, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Hari ini kita mulai pembukaan jalan (groundbreaking) sepanjang 10,24 kilometer yang menghubungkan Desa Kerakas dan Desa Belilik," kata Danrem 045/Garuda Jaya Bangka Brigjen TNI Ujang Darwis di Desa Kerakas, Selasa.

Ujang Darwis mengatakan, groudbreaking pembukaan jalan Kerakas-Belilik ini merupakan realisasi dari program karya bakti TNI.

"Dalam pembangunannya kita bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah daerah, agar akses jalan terbuka dan perekonomian tumbuh dengan baik," katanya.

Baca juga: Prajurit TNI bangun rumah warga dan jalan kampung di Kaimana

Ia mengatakan, program karya bakti TNI lebih kepada membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan fisik.

"Tentu harapan saya adanya partisipasi masyarakat, karena dalam pengerjaannya kita melibatkan masyarakat secara bergotong royong," katanya.

Ia mengatakan dengan melibatkan masyarakat dalam pembangunan jalan akan muncul rasa memiliki, menjaga dan memelihara pembangunan fisik yang sudah dibangun.

Baca juga: Panglima TNI keliling Jakarta pastikan vaksinasi terus jalan selama PPKM Darurat

"Ini juga dalam upaya membangkitkan kembali semangat bergotong royong di masyarakat yang merupakan nilai kebersamaan yang harus tetap di pelihara," katanya.

Ia mengatakan TNI hadir di masyarakat untuk melakukan terobosan, mengajak dan membangkitkan semangat membangun di tengah warga.

"Pembukaan akses jalan Desa Kerakas menuju Desa Belilik ini memang sangat dibutuhkan masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian warga yang rata-rata adalah para petani," katanya.

Baca juga: TNI Masuk Desa, Bantu Bangun Jembatan dan Jalan di Babar

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023