Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Awards dari Wakil Presiden Republik Indonesia yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan segera mengikuti arahan Wakil Presiden Republik Indonesia.

"Ada beberapa arahan yang disampaikan oleh Bapak Wakil Presiden tadi dalam penyerahan penghargaan itu yang harus dilaksanakan oleh pemda kita, jadi sebaiknya segera dilakukan,"kata Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Erwin Asmadi di Toboali, Rabu (15/03).

Erwin mengatakan dukungan optimalisasi pelaksanaan program JKN dari seluruh pemangku kepentingan hendaknya tidak sebatas pemenuhan instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022.

"Namun harus dilandasi dengan itikad untuk senantiasa meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat,"kata dia.

Menurut Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini pihaknya terus mendukung untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang ditargetkan RPJMN 2020-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN.

"Saat ini Bangka Selatan memang sudah mencapai 96,4 persen atau setara 194 ribu jiwa,Angka ini meningkat drastis dibandingkan kondisi Oktober tahun 2022 yang hanya sebesar 66,7 persen dan itu harus ditingkatkan lagi,"katanya.

Baca juga: Bangka Selatan terima penghargaan UHC Awards dari Wakil Presiden RI

Ia menjelaskan program peningkatan layanan kesehatan ini selaras dengan visi misi Bupati Bangka Selatan oleh sebab itu harus ditingkatkan lagi.

"Hal ini sesuai dengan salah satu arahan Wakil Presiden tadi yaitu Pemda harus  mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, antara lain para penyandang disabilitas, warga Lanjut Usia dan masyarakat terlantar,"kata Erwin.

Dirinya berharap tahun yang akan datang pemenuhan cakupan layanan BPJS Kesehatan di wilayah Bangka Selatan dapat tercapai.

"Semoga tahun yang akan datang pemenuhan cakupan layanan BPJS kesehatan di daerah tercapai sesuai dengan jumlah penduduk daerah ini sehingga mencapai target yang telah ditetapkan,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023