Sebanyak 14 orang milenial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti program Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Singapura - Australia, guna menggali dan mengembangkan potensi pemuda melalui kerja sama internasional. 

"Saat ini kita menunggu hasil seleksi PPAN Singapura - Australia yang  diikuti 14 peserta dari 7 kabupaten/kota di Babel," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel Herwanita di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan program seleksi calon peserta PPAN merupakan sinergi antara Kementerian Kepemudaan dan Olahrga melalui Deputi Bidang Kepemudaan, pemda dan mitra-mitra negara kerja sama. 

"Proses seleksinya sudah berlangsung dari 16 hingga 19 Maret 2023 lalu, agar pengembangan potensi para pemuda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih meningkat lagi," katanya. 

Ia menyampaikan peserta PPAN yang terpilih ditentukan dalam surat Kementerian Kepemudaan dan Olahraga. Untuk Babel mendapatkan 1 kuota laki-laki untuk PPAN Australia dan 1 kuota perempuan untuk PPAN Singapura.

"Dalam waktu dekta ini akan diadakan rapat pemilihan peserta terpilih serta menunggu rekap hasil penilaian dari juri yakni kesenian, wawasan kebangsaan, bahasa inggris, dan psikotes," katanya.

Ia mengharapkan milenal yang lolos kelak dapat membawa nama baik Indonesia ke kacah Internasional dan dapat memperkenalkan budaya, adat istiadat serta pariwisata.

"Kami berharap dengan adanya program ini, para milenial yang lolos ini dapat mempromosikan potensi wisata dan kebudayaan Babel ke masyarakat luar negeri, sehingga mereka tertarik untuk berwisata ke Negeri Serumpun Sebalai ini," katanya.  **1*

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023