Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto meminta kepada para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pemasyarakatan mewaspadai agar jangan sampai ada warga binaan Pemasyarakatan (WBP) yang melarikan diri, mengedarkan dan menggunakan narkoba.

Harun dalam keterangan persnya yang diterima di Pangkalpinang, Senin, memerintahkan jajarannya untuk selalu memperhatikan barang-barang yang dibawa oleh pengunjung untuk WBP.

"Periksa tempat berkunjungnya para tamu WBP, dan monitor kembali saat para pengunjung tersebut akan keluar dari dalam Lapas," ujar Harun saat memberi arahan kepada Kasatker Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Terkait keamanan saat bulan Ramadhan , Harun meminta agar Kalapas/Karutan untuk mengatur dengan baik buka -tutup kamar hunian saat  pembagian makanan untuk  berbuka dan sahur.

"Ketika melakukan ibadah tarawih di Masjid Lapas pun harus dilakukan secara bergiliran. Bagi yang tarawih dari dalam blok hunian juga harus di fasilitasi dengan baik," ucap Harun

Harun juga minta kepada para Kalapas/Karutan untuk memberikan motivasi kepada para WBP yang beragama Islam agar dapat semangat melaksanakan amaliah Ramadhan.

"Jika ibadah mereka semangat, Insya Allah batinnya tenang dan terhindar dari pikiran yang negatif," ucap Harun.

Harun juga minta jajaran lapas/rutan untuk memperhatikan  kualitas dan kuantitas menu makan WBP saat sahur dan berbuka agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.
 
Selama bulan suci Ramadhan ini, Harun minta para Kalapas untuk selalu berkoordinasi dengan TNI-Polri setempat, dan memperhatikan sarpras terkait jaringan listrik agar terhindar dari kebakaran.

Dalam kesempatan yang sama, Harun juga meminta jajaran Imigrasi agar dapat memberikan pelayanan prima dan ramah kepada para pemohon paspor dan selalu memegang teguh fungsi keimigrasian   dalam  pelayanan Keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Harun berharap seluruh jajaran agar bijak dalam menggunakan media sosial, yakni tidak memposting hal-hal yang dapat melukai rasa keadilan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Ridha Ansari. Sedangkan  Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel hadir secara virtual melalui zoom meeting.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023