Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat pembinaan mental umat Islam dalam kegiatan Safari Ramadhan.

"Safari Ramadhan ini merupakan agenda rutin Pemkab Belitung Timur dalam rangka pembinaan mental dan memperkuat siarnya Islam berbasis rumah ibadah," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Kamis.

Ia juga mengatakan bahwa Safari Ramadhan merupakan ajang bagi kepala daerah dan kepala OPD untuk bersilaturahim dan menampung aspirasi masyarakat di berbagai pelosok desa.

"Safari Ramadhan tahun ini hanya digelar sebanyak 10 kali di tujuh kecamatan yang ada di daerah ini dan seluruhnya saya hadiri," kata bupati.

Ia mengatakan bahwa pejabat daerah dan ASN dilarang menggelar buka puasa bersama sebagai tindak lanjut aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat mengenai larangan buka puasa bersama bagi seluruh ASN.

"Sebagai pemerintah di bawahnya kita meneruskan apa yang menjadi arahan dari Pak Presiden. ASN saat ini tengah disorot oleh masyarakat, untuk itu mari kita ASN dapat menjadi contoh," ujarnya.

Ia justru menganjurkan mengganti acara buka puasa bersama kalangan ASN dengan kegiatan berbagi, dengan memberikan bantuan sembako dan menyisihkan sebagai rezeki untuk bersedekah kepada mereka yang membutuhkan.

"Lebih baik kita banyak-banyak bersedekah di bulan Ramadhan ini, apalagi di sekeliling kita banyak sahabat, tetangga ataupun masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita,” ujar Aan.

Kegiatan Safari Ramadhan di sejumlah masjid, kata dia, juga sebagai ajang kegiatan sosial dengan menyalurkan bantuan untuk rumah ibadah dan bantuan sembako serta uang bagi kalangan tidak mampu.

"Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini kita bekerja sama dengan MUI, Baznas, dan organisasi Islam lainnya," kata dia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023