Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang di seluruh pasar tradisonal menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pemantauan di seluruh pasar ini sebagai salah satu upaya kita mengendalikan harga berbagai kebutuhan pangan pokok dan barang penting lain saat bulan puasa dan menjelang Idul Fitri," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan, pemantauan dilakukan di enam pasar tradisional yang ada di daerah itu dengan melibatkan Satgas Pangan Bangka Barat, BPOM Pangkalpinang, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, Dinas Satpol PP, Dinas Perkimhub, Dinas Kominfo dan Bagian perekonomian dan Pembangunan.

"Kita rencanakan enam pasar tradisional selama tiga hari, dimulai hari ini di Pasar Mentok," ujarnya.

Menurut dia, pemantauan pasar tradisional tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Irjen Kemendagri pada rapat koordinasi nasional TPID yang meminta agar Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak pasar.

Kegiatan itu dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan pasokan, stok dan harga bahan pangan pokok dan barang penting.
Selain itu, juga untuk memberikan jaminan keamanan pangan terhadap berbagai produk pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat Bangka Barat.

"Dalam pengawasan keamanan pangan ini kita melibatkan banyak organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bangka Barat bersama BPOM yang memiliki kewenangan terkait keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT), pangan segar asal hewan (PSAH), pangan segar asal perikanan, pangan olahan dan pangan siap saji," katanya.

Setelah hari ini melakukan pemantauan dan pengawasan di Pasar Mentok, tim terpadu akan bergerak di pasar lain, yaitu pada Kamis (6/4) di Pasar Jebus, Pasar Parittiga, Pasar Tempilang dan Pasar Kelapa, serta pada Senin (10/4) di Pasar Simpangteritip.

"Kami berharap pola ini bisa membantu masyarakat mendapatkan berbagai bahan pangan dan barang penting yang tidak mengalami lonjakan harga serta meningkatkan keamanan pangan agar tidak merugikan masyarakat," katanya.

Pada pemantauan di Pasar Mentok yang digelar hari ini, harga berbagai bahan pangan pokok dan barang penting masih stabil, dan ketersediaan barang juga masih mencukupi hingga lebaran.

"Kami akan terus melakukan pemantauan, jika ada kendala distribusi akan langsung kita koordinasikan dengan ASDP dan pihak terkait lainnya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023