Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar seremoni dan serah terima bendera kirab Pemilu 2024.

"Estafet kirab pemilu kami terima dari KPU Bangka Selatan dalam rangkaian satu tahun menuju Pemilu 2024," kata Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi di Koba, Rabu.

Rusdi menjelaskan kirab pemilu dilakukan KPU seluruh daerah dan di Bangka Tengah dimulai pada 5 hingga 12 April 2023 di seluruh kecamatan daerah setempat.

"Kirab ini untuk meyakinkan masyarakat betapa pentingnya menggunakan hak suara pada Pemilu 2024 dan untuk persiapan, saat ini kita sudah ditahap penyusunan daftar pemilih sementara," katanya.

Ia mengatakan estafet kirab Pemilu 2024 yang sudah diterima itu akan dilanjutkan menuju Kabupaten Bangka Barat

"Setelah tujuh hari di Bangka Tengah, nanti estafet kirab pemilu dilanjutkan ke Bangka Barat yang langsung diterima komisioner KPU daerah setempat," ujarnya.

Rusdi mengatakan mulai 24 April hingga 25 November adalah tahapan pencalonan.

"Untuk target partisipasi masyarakat berdasarkan ketentuan KPU RI yakni minimal 77,5 persen dan untuk Provinsi Babel di tahun sebelumnya rata-rata partisipasi mencapai 80 persen," ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Bangka Tengah Pittor mengatakan pemilu hendaknya dilaksanakan dengan gembira, karena dari politik ini akan menentukan keputusan orang banyak

"Mari kita kawal pemilu dengan baik, sehingga menghasilkan pemimpin yang berintegritas dengan tingkat partisipasi masyarakat lebih baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023