Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakin bantuan sarana dan prasarana berupa alat tangkap ikan dari pemerintah pusat dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Saya yakin bantuan sarana dan prasarana alat tangkap ikan yang disalurkan untuk nelayan melalui kelompok mampu membantu meningkatkan kesejahteraan penerima," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin.

Program bantuan sarana dan prasarana bagi nelayan dilakukan oleh pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus dan pemerintah daerah secara bertahap hampir setiap tahun.

Berdasarkan data dari Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, bantuan sarana dan prasarana nelayan tahun 2023 bersumber dari dana alokasi khusus berupa 43 unit mesin tempel ukuran sebanyak lima Pk, 9,8 PK dan 18 Pk serta 30 unit GPS.

Sedangkan bantuan program yang sama bersumber dari dana insentif daerah (DID) berupa pengadaan mesin tempel kapan nelayan kapasitas 3,5 PK sebanyak 16 unit dengan nilai pagu Rp200 juta.

"Bantuan tersebut selain harus dirawat juga dapat gunakan semaksimal mungkin di masing-masing kelompok penerima," ujar Bupati.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Effendi Harun mengatakan bantuan alat penangkapan ikan semuanya ramah lingkungan dan masuk dalam prioritas nasional Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang tujuan memperkuat ketahanan ekonomi pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Alat tangkap ikan yang digunakan oleh nelayan di Kabupaten Bangka dengan berbagai jenis kapasitas kapal yakni, jaring, bubu, pancing dan alat tangkap lain yang disahkan pemerintah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023