Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tes urine secara mendadak di lingkungan pemerintah daerah, guna mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) bersih atau zero dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Alhamdulillah, hasil tes urine mendadak kali ini tidak ditemukan atau zero narkoba," kata Kabid Pemberantasan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika BNN Provinsi Kepulauan Babel Kombes Pol. Dinar Winargo di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan tes urine yang diikuti 152 ASN ini berdasarkan Inpres Nomor 2 tahun 2020 dan juga merupakan kerja sama antara BNN dengan Pemprov Kepulauan Babel dalam mewujudkan ASN di lingkungan pemerintah daerah bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Berdasarkan Inpres itu yang mana memerintahkan kita harus memiliki peran Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di semua instansi sampai dengan masyarakat.

Ia menyatakan BNN sudah melaksanakan kegiatan seperti ini di semua instansi secara mendadak, beberapa instansi diantaranya pemerintah provinsi.

"Alhamdulillah dari sekian banyak kegiatan cek urine yang dilaksanakan, hasilnya negatif semua," katanya.

Menurut dia selama pelaksanaan tes urine mendadak ini, banyak para ASN kaget dengan kegiatan yang tidak disangka-sangka ini dan hasilnya juga lebih memuaskan.

"Kita memang mendadak, karena kalau ingin membersihkan kotoran dengan sapu yang kotor tidak akan pernah bisa, akan selalu kotor," katanya.
 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023