Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menempatkan personel khusus untuk mengamankan arus mudik di Pelabuhan Sungaiselan.

"Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan kecil yang melayani pelayaran langsung ke Provinsi Sumatera Selatan, kita kawal dan amankan arus mudik di pelabuhan ini," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Senin.

Ia menjelaskan Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan aktif yang melayani pelayaran barang dan orang dengan jumlah yang terbatas karena hanya dilayari kapal berukuran kecil.

"Kita tidak melarang warga mudik melalui Pelabuhan Sungaiselan, namun tetap kita awasi untuk memastikan mereka melakukan pelayaran yang sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ujarnya.

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Sungaiselan Bangka Tengah tercatat 650 orang

Ia mengatakan pelayaran di Pelabuhan Sungaiselan wajib memenuhi standar pelayaran dan wajib dilengkapi fasilitas keselamatan seperti pelampung.

"Kemudian jumlah penumpang wajib menyesuaikan dengan ukuran kapal, tidak boleh melebih kapasitas demi keselamatan penumpang," ujarnya.

Kapolres memerintahkan personel yang bertugas melakukan pengamanan di pelabuhan, untuk mengecek setiap penumpang yang naik dan turun di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Polres Bangka Tengah siapkan lima posko pengamanan lebaran

"Namun demikian, kami mengimbau para pemudik yang menuju Palembang atau daerah lain di Sumatera Selatan dapat menyeberang menggunakan fasilitas Pelabuhan Tanjung Kalian di Muntok," ujarnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Bangka Tengah terkait kelayakan kapal penumpang dalam melakukan pelayaran mengangkut para pemudik.

"Intinya kita tidak ingin terjadi masalah dalam pelayaran sehingga membahayakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah siapkan enam bus mudik gratis

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023