Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, MZ Hendra Caya berharap bantuan beras cadangan pemerintah yang disalurkan kepada 8.393 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah itu mampu membantu memenuhi kebutuhan Lebaran masyarakat.

"Kami harapkan bantuan beras ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, program bantuan cadangan beras pemerintah tersebut adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk menghadapi Idul Fitri nanti.

Ia menjelaskan, bantuan beras program tersebut akan disalurkan selama tiga bulan mulai April, Mei, dan Juni.

Masing-masing KPM di daerah itu akan menerima sebanyak 10 kilogram beras.

"Kami harapkan setidaknya kebutuhan beras ini dapat membantu kebutuhan masyarakat untuk Lebaran seperti membuat ketupat dan lain sebagainya," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, Destika Efenly mengatakan bantuan beras tersebut disalurkan guna mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan, menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting, dan gizi buruk.

Selain itu, bantuan penyaluran beras tersebut juga bertujuan guna mengendalikan inflasi di daerah terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami harapkan bantuan beras ini dapat bermanfaat bagi masyarakat menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Jumlah KPM bantuan cadangan beras pemerintah di daerah itu terdiri dari Kecamatan Tanjung Pandan 4.219 KPM, Sijuk 1.687 KPM, Membalong 1.277 KPM, Badau 799 KPM, dan Selat Nasik 411 KPM.

"Penyaluran akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan sesuai jadwal yang telah disusun dan tentukan sebelumnya," ujar Destika.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023