Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat penjagaan arus mudik di Pelabuhan Sungaiselan.

"Pelaku perjalanan mudik mulai ramai di Pelabuhan Sungaiselan, kita tingkatkan pengamanan dan penjagaan agar pemudik merasa aman dan nyaman," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Rabu.

Kapolres mengatakan kendati Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan kecil namun aktivitas orang dan barang mulai meningkat.

"Diprediksi arus puncak mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah terjadi pada 18-19 April 2023 karena sudah memasuki masa libur pegawai dan mahasiswa/pelajar," ujarnya.

Kapolres mengimbau pelaku perjalanan mudik di Pelabuhan Sungaiselan untuk lebih waspada dan hati-hati dengan tindak kriminal.

"Para pemudik jangan mudah percaya dengan adanya oknum tertentu yang mencoba untuk membantu mengangkat barang bawaan, bisa saja itu modus dan hati-hati dengan praktik hipnotis," ujarnya.

Pihaknya mengerahkan sejumlah personel untuk selalu siaga di Pelabuhan Sungaiselan dan memastikan aktivitas pelayaran berjalan dengan aman dan lancar.

"Karena ini pelabuhan kecil dengan armada yang kapasitasnya terbatas, maka kami ingatkan para pemilik kapal mengutamakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Pihaknya melakukan pengecekan kelayakan berlayar kapal, juga mengatur kapasitas penumpang untuk ambang batas berlayar.

"Saya juga mengimbau para pemudik untuk menjaga keselamatan diri dan menjaga keamanan barang bawaan saat melakukan perjalanan mudik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023