Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksikan puncak arus balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan akan berlangsung pada H+3 Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami memprediksikan puncak arus balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada H+3 Idul Fitri atau Selasa (25/4) besok," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, para pemudik diprediksi akan kembali ke daerah asal usai merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada, Selasa (25/4).

"Karena besok merupakan hari terakhir libur dan cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 1444 Hijriah," ujarnya.

Menurut dia, arus balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan dilayani oleh kapal cepat Express Bahari 3 E rute pelabuhan Tanjung Pandan di Belitung menuju pelabuhan Pangkal Balam di Pangkal Pinang.

Ia menyebutkan, jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E pada, Senin (24/4) sebanyak 228 penumpang.

"Hari ini merupakan keberangkatan perdana kapal cepat Express Bahari 3 E guna melayani arus balik Lebaran 2023 usai perayaan puncak Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Baca juga: ARUS BALIK - Express Bahari 3 E layani arus balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan

Dikatakan dia, kapal cepat Express Bahari 3 E akan beroperasi setiap hari (pulang-pergi) guna melayani arus balik Lebaran 2023 sampai, Rabu (10/5) mendatang.

"Setelah itu baru Express Bahari 3 E akan berlayar kembali normal seperti hari-hari biasa," ujarnya.

KSOP Kelas IV Tanjung Pandan memastikan siap melayani arus balik Lebaran 2023.

"Personel di Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 siap melayani perjalanan para pemudik yang akan kembali ke daerah asal," katanya.

Ia mengimbau, kepada para pemudik di daerah itu agar tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan kembali ke tempat asal.

"Kami harapkan agar tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan sehingga sampai dengan selamat ke tujuan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023