Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga menaati peraturan berlalu lintas saat melakukan perjalanan balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Utamakan keselamatan dalam berkendaraan, jangan buru-buru dan taati peraturan lalu lintas untuk menghindari kecelakaan," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Senin.

Dwi Budi Murtiono mengatakan itu menyikapi puncak arus balik Lebaran Idul Fitri yang diprediksi terjadi pada 23 hingga 25 April 2023.

"Kita siap membantu melayani warga yang melakukan perjalanan balik, agar perjalananan mereka bebas gangguan dan hambatan serta selamat sampai tujuan," katanya.

Polres Bangka Tengah juga menyampaikan lima tip aman bagi pelaku perjalanan mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Lima tip aman perjalanan mudik, yaitu persiapkan fisik dan mental, mengikuti informasi terkini situasi mudik, hindari jalan rawan tindak kejahatan, patuhi tata tertib berlalu lintas dan pastikan kendaraan lebih layak jalan.

"Lima tip aman perjalanan mudik dan balik ini sudah kami sampaikan kepada masyarakat baik secara lisan maupun melalui selebaran," ujarnya.

Lima tip aman perjalanan mudik dan balik itu kata dia patut diikuti dan dipedomani, demi keamanan dan keselamatan selama melakukan perjalanan mudik.

"Terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan dari luar provinsi, tentu harus benar-benar melakukan persiapan lebih matang," ujarnya.

Pihaknya sudah mendirikan satu pos terpadu dan empat pos pelayanan, dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri.

"Kita juga telah melakukan supervisi ke Pospam maupun Posyan dan membagikan parsel kepada para petugas yang berjaga, agar mereka lebih semangat dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau jika ada masyarakat yang mengalami kendala dalam perjalanan mudik, bisa menghubungi sistem manajemen pelayanan pengaduan Polres Bangka Tengah.

"Jangan takut dan ragu, jika mengalami kendala dalam perjalanan mudik silahkan menghubungi 082177235173 dan kami siap membantu," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023