Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan dua rumah singgah di Jakarta dan Palembang untuk menampung seluruh warga Bangka Selatan yang hendak berobat.

"Jadi bagi warga yang berobat kedua kota itu tidak perlu khawatir mengenai biaya karena fasilitas itu tidak dipungut biaya alias gratis,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melalui Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumindar di Toboali melalui rilis Kominfo Bangka Selatan.

Sumindar menyampaikan rumah singgah di Jakarta sudah berjalan beberapa waktu lalu namun kalau di Kota Palembang baru dibuka Tahun 2023 ini.

"Awalnya kita siapkan di Jakarta namun karena kebutuhan masyarakat ada juga di Palembang maka dibuka satu lagi,"kata dia.

Menurut Sumindar bagi warga yang membutuhkan rumah singgah itu dapat menghubungi pihak Dinas Sosial atau datang langsung ke kantor.

"Bila tidak ada waktu dapat juga menghubungi Nomor  WhatsApp 081906871523 atau 082183340257 atau  Sitepus,"kata dia.

Ia menjelaskan ada beberapa fasilitas yang telah disediakan di rumah singgah itu seperti 
kamar istirahat, ruang tamu, dapur, kamar mandi serta peralatan rumah lainnya.

"Jadi kondisinya seperti berada di rumah sendiri walaupun berada di luar kota,"katanya.

Dirinya berharap program rumah singgah ini dapat dipergunakan dengan baik oleh masyarakat agar dapat meringankan biaya saat berobat rujukan di dua kota itu.

"Jadi selain berobat gratis kita juga menyediakan rumah singgah gratis bagi warga daerah ini serta ada petugas yang akan membantu warga disana,"katanya.

Tak hanya menuntaskan layanan berobat gratis bagi seluruh masyarakatnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan juga menyediakan layanan rumah singgah di Jakarta dan Palembang. Penyediaan rumah singgah ini utamanya bertujuan menampung masyarakat yang hendak berobat ke Palembang dan Jakarta. Pelayanannya pun sama sekali tidak dipungut biaya. 

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melalui Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sumindar

 S.Sos M.Si menyampaikan hal tersebut pada Jumat, 28 April 2023. "Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Sosial PPPA menyediakan layanan rumah singgah bagi masyarakat Basel yang hendak berobat di Palembang, Jakarta dan Sekitarnya. Mudah mudahan program ini membantu meringankan beban biaya masyarakat yang berkeperluan untuk itu, terlebih bagi masyarakat yang tidak mampu". Ujar pria yang akrab dipanggil Cak Min ini. 

Penyediaan rumah singgah bagi masyarakat Bangka Selatan yang berobat ke luar daerah, khususnya Jakarta sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Namun untuk yang berlokasi di Palembang dimulai pada tahun ini. Kesemua hal tersebut didasari semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat Bangka Selatan di kedua kota tersebut. 

Fasilitas yang tersedia di rumah singgah tersebut meliputi beberapa kamar istirahat, ruang tamu, dapur, kamar mandi serta peralatan rumah lainnya. Selain itu, juga tersedia petugas layanan yang membantu keperluan masyarakat di rumah singgah tersebut. Masyarakat Bangka Selatan yang hendak menggunakan layanan rumah singgah dapat menghubungi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di 
nomor WhatsApp 081906871523 atau 082183340257 (Sitepus) . 

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023